Kymco Spike

Ni hasil review dari internet.. Reviewnya oke, kenyataane mbuh.. Wqeqeqeqe...







TECHNICAL SPECIFICATION
Model ID
Manufacturer (Make)Kymco
Model NameSpike 125 R
Year2004
Category(class)Scooter
Engine
Engine Capacity (Displacement)120.4 ccm (7.35 cubic inches)
Engine Type1 cylinder
Stroke4
Cooling SystemAir
Powertrain
Gearbox4 speed
Chassis/Suspension/Brakes
Front BrakesSingle disc
Rear BrakesSingle disc
Front Tire2.50-17 4pr
Rear Tire2.75-17 4pr
Dimensions
Overall Length2005 mm (78.94 inches)
Overall Width730 mm (28.74 inches)
Curb Weight120 kg (265 lb)
Performance
Max Power8.85 HP (6.5 kW) at 8000 RPM
Max Torque9.50 Nm (6.99 ft*lbs) at 6500 RPM
Power/Weight Ratio0.07
Top Speed-
Acceleration (dart, speedup) time
  • 0-100 km/h
  • -
  • 0-60 mph
  • -
  • 1/4 mile
  • -
  • 60 to 140 km/h, highest gear
  • -




    MESIN
    Spike adalah bebek pertama 4 tak yang memakai mesin 4-tak 125cc. Mesin spek SOHC 2 klep memang kelihatan masih teknologi lama, tapi konfigurasi oversquare dan klep lebar bikin Spike gahar di rpm atas. Top speed 130kpj mudah gw raih. Cuman konsekuensinya tarikan bawah rada lemot. Basisnya mesin Honda GL series, daleman mesinnya pakai part motor laki semua. Ga percaya? Silahkan dicek sendiri, hehehe Wink Dan motor bebek pertama atau satu-satunya yang sudah dilengkapi dengan oil cooler tank (OCT) di blk box filternya Very Happy

    FITUR
    Suspensi Monoshock, indikator oli, lampu halogen mobil (H4), lampu dim, lampu hazard, juga motor pertama yang dilengkapi head visor yang sekarang banyak dipakai di bebek, e.g Supra X 125 R

    RANGKA

    Motor bebek pertama dan sampai sekarang masih satu-satunya yang memakai rangka backbone tipe twin tube frame(2 pipa sejajar memanjang dari dpn s/d blk) NB:twin tube frame dipakai di MotoGP. Konstruksi rangka berat namun paling kuat dan stabil, silahkan rebah 45derajat di tikungan, pasti eces...

    LAIN2
    Motor 4tak pertama yang comply dengan Euro2, memakai standar Eropa dari sananya. Konstruksi roda juga spek berat, silahkan lihat as roda dpn blk yang seukuran dengan Tiger, lantas cakram dpn tipe semi-floating, rem belakang juga tipe cakram atau klo gak teromol ukuran "dewa"


    ezha 17-02-2005, 10:28 AM wrote:
    Kalo Spike saya tipe 120R, masih rem tromol di belakang.
    Sekarang inikan keluar tipe barunya Spike 120RR, rem cakram depan - belakang, trus model lampu remnya juga beda sama 120R, lampu sein depan juga udah nyatu di batok lampu utama dan nggak misah seperti anting di 120R (tapi menurut saya sih lebih "legendaris" model 120R, nggak sama kaya' motor umum lainnya, hehe... antik sendiri soalnya.).
    Top Speed; di speedometer sih sampe 160kmpj, tapi maksimal yg pernah saya jajal di lintasan GatSu sampe jembatan Otista pernah nyambang angka 120kmpj, kondisi jalan sepi, lurus, cuman karena saya bukan sembalap dan masih sayang ama nyawa jadi cuman berani ampe segitu doangan, abis lari segitu bodi motor udah ngegetar (kondisi lengkap pake sayapnya ya, nggak trondol lho, dan masih kondisi standar nggak dioprek apa-apa).
    Cuman kalo menurut saya sih, SPike itu bagusnya buat turing jarak jauh dibawanya asoy, soalnya bobot rangkanya lebih berat dari motor jepun yg lain (kata ipar saya malah ngangkat pantat RX-King masih jauh lebih enteng daripada angkat pantat SPike, berat bener, keseringan tangan dijamin bisa encok), jadi kalo dilewatin bus atawa truk gede efek buangan angin nggak terlalu mengganggu kestabilan motor, gitu lho....
    Suku Cadang:
    Hmmm... ini yg agak2 jadi hambatan, soalnya buat yg seneng oprek2 mesin jadi punya tantangan sendiri, karena keterbatasan kecocokan suku cadang dgn motor jenis lain. Nggak gampang ngawin-ngawinin suku cadang Spike dgn bebek2 honda, harus pinter2 ngeraciknya..... Tapi kalo di dilernya sih lengkap semua, mau minta ganti blok mesin juga diladenin tapi dipesenin dulu langsung di pabrik Kymco di Cikarang.
    Soal harga onderdil, kaya'nya sekarang malah udah ada penurunan harga dari harga awal-awalnya, contoh nih yg paling gampang:
    - CDI Spike, dulu 400rb-an, skarang cuman 200rb-an
    - Bohlam lampu Spike, dulu 150rb-an, skarang cuman 48rb (bohlamnya beda men, bohlam mobil, soket tancep kaki tiga, mirip mobil, cuman wattnya 35, kalo mobil 55 kan)
    Emang sih kalo diliat2 harga onderdilnya diatas rata2 harga onderdil motor jepun yg lain, soalnya nggak semuanya udah dibikin di sini dan msh impor dari Kymco pusat di Taiwan, tapi kaya'nya itu memang konsekuensi kalo pingin punya motor "langka".
    Tapi dari taon 2002 ampe sekarang gue pake keluhannya praktis minim, paling cuman ganti kampas rem, ganti ban, setel klep, udah gitu doang, ama sekali pernah mogok... nggak taunya karena baut buat megang karbu ke leher angsa ada yg copot jadi mesin gak mau nyala, tapi pas bautnya diberesin lagi ya tokcer tuh......
    Kelebihan:
    - lampu utama langsung dari aki, bukan dari sepul, jadi kontak on meskipun mesin belom idup lampu utama dan senja bisa dinyalain (mirip Tiger)
    - lampu hazard, kaya' dimobil, kalo lagi jalan terus ujan gede banget trus berkabut kaya dipuncak lampu hazard bisa dinyalain (sein kiri kanan kedip bersamaan), gak ada toh di bebek lain???
    - Pengaman starter (120R, gak tau masih ada gak di 120RR), tekan tuas rem dulu baru mesin bisa idup
    - mekanisme pompa bensin, bensin di karbu gak bakal banjir kalo mesin mati soalnya dari tengki bensin nggak langsung ke karbu tapi ditampung dulu disatu alat vakum disebut pompa bensin, yg bekerja memasok bensin ke karbu kalo mesin idup (prinsip kerjanya dapet dorongan dari leher angsa yg dibikinin lubang saluran ke intake pompa bensin)
    antik kan... hehe.... pasti bingung kalo belom liat sendiri.
    Gosipnya lagi dari diler, katanya sih, CDI Spike banyak diuber ama tuner motor underbone buat dipake dimotornya, katanya pengapian jadi lebih sip, gak tau deh, bener apa kagak.... tapi emang lagi santer diomongin di milis Kymco sih.
    Wassalam

    Share on Google Plus

    About Elang Raja

    Menulis, menyusun, menyimpan dan mengingat beberapa gal yang sudah dan ingin ditelusuri dalam keseharian yang biasa biasa saja ini.

    0 comments:

    Post a Comment