UpGrade Firmware DD-WRT untuk Wireless Router Linksys WRT54G Ver.5/6


Sebelum posting tentang langkah langkah melakukan upgrade firmware radio AP Lynksis dengan dd wrt, saya akan mengutip artikel yang saya dapatkan dari sini.

Jika anda sudah terlanjur membeli Wireless Router Linksys WRT54G Ver5 atau 6 dan sering menanyakan bagaimanamengUpGrade Firmware DD-WRT ke Linksys Wireless Router WRT54G ver.5/6 serta banyak WRT54G Ver 5/6 yang beredar sekarang ini sehingga agak kesulitan dalam mengupgrade firmwarenya ke DD-WRT. dikarenakan WRT54G Ver5/6 hanya memiliki jumlah memory yang terbatas ((8MB) dibandingkan dengan WRT54G versi 1 hingga 4 atau GL yang memiliki memory yang cukup (16MB) untuk langsung diupgrade ke Firmware DD-WRT tanpa mengalami kesulitan. Maka saya meluangkan waktu untuk sedikit menulis seputar Upgrade Firmware ini, Berikut step by step cara penginstalan DD-WRT54G Ver5/6.

File yang dibutuhkan ( silahkan download di www.dd-wrt.com ):

vxworks_prep_v03.zip
vxworks_killer_g_v06.zip
DD-WRT micro generic - V23 SP2
Linksys TFTP transfer tool
VXWorks Killer Image Tool

Setelah anda mendownloadnya, extract semua file tersebut di sebuah file temporary. Masuklah di Web admin Router Linksys anda dengan alamat URL http://192.168.1.1 untuk mengaccess router halaman web-admin anda. Catatalah informasi mengenai Mac Address dan SSID kedua Router tersebut.
2.jpg

3.jpg

4.jpg

Pada menu Adminitration, halaman firmware upgrade tekan tombol “Browse” carilah file “vxworks_prep_v03.bin” yang telah diextract di folder temporary anda, tekan tombol upgrade lalu tunggu beberapa menit. Kemudian gunakan “VXWorks Killer” image tool dalam hal ini vximgtoolgui.exe” seperti gambar di bawah

vximgtool.jpg

Kita perlu mengisi field MAC yang diinginkan. alamat MAC yang asli dapat ditemukan di alas/bagian bawah dari router anda seperti gambar di bawah.

wrtbottom.jpg
lalu sisipkan informasi MAC address Router anda pada kotak isian Desired MAC, dan pada kotak isian Output image simpan dengan nama “vxkillermac.bin” (namanya bebas). Lalu tekan tombol Create. Lalu kembali pada Web Admin Wireless Router anda dengan URL http://192.168.1.1 maka akan anda dapatkan mode navigasi upgrade seperti gambar di bawah.

managementmode.jpg

Pada kotak isian File name, Browse file “vxkillermac.bin” yang telah anda buat dengan VXWorks Killer image tool, lalu tekan tombol “Apply”. lalu tunggu beberapa saat dan akan menantikan kesuksesan/keberhasilan penginstalan yang akan ditunjukan pada layar.

Selanjutnya, pada PC anda buatlah IP Address anda menjadi IP statik karena fungsi DHCP server tidak aktif, seperti gambar di bawah ini.

tcpipprop2.jpg

Lalu gunakan tools TFTP. Pada kotak isian Server isikan 192.168.1.1 dan pada isian kotak File browse ke file “dd-wrt.v23_micro_generic.bin”, isikan seperti gambar di bawah.

tftp.jpg

tftp2.jpg

alu klik tombol Upgrade, ingat jangan sekali-kali me-reboot Wireless router WRT54G anda, tunggulah beberapa saat, kemungkinan 1 - 10 menit untuk kesuksesan Flashing anda. Lalu WRT54G anda akan Reboot secara otomatis.

Setelah selesai re-boot lalu arahkan browser anda ke URL http://192.168.1.1, maka akan mendapatkan DD-WRT interface selanjutnya untuk default login, Pada User isikan: root , pada Password isikan; admin . Dan sekarangpun anda dapat menikmati/menjalankan Linux di system Wireless Router WRT54G anda. (Artikel yang berhubungan “mengenal DD-WRT Interface”)

Share on Google Plus

About Elang Raja

Menulis, menyusun, menyimpan dan mengingat beberapa gal yang sudah dan ingin ditelusuri dalam keseharian yang biasa biasa saja ini.

2 comments:

  1. mas nanya nie apa ap wrt54g bisa dijadikan client / penerima sinyal?
    tolong bantuane ya mas?
    tolong kirim ke aereal_80@yahoo.com
    terimakasih banyak

    ReplyDelete
  2. tolong settingane juga ya ms?
    binggung banget nie

    ReplyDelete