Remote Control Tanpa Batterei

Pernah sekali aku malu waktu ke tempat orang buat mbenerin gambar TV yang kabur dan gak jelas.. Aku coba program dengan remote yang tersedia di depan TV, tapi aku pencet pencet kok TV nya gak ada respons sama sekali. Pas yang punya rumah lewat, aku bilang remotenya habis battereinya mungkin. Sambil tersenyum dia bilang "puter aja mas itu.." rupanya ada pemutar mekanis pengganti batterei pada remote itu. Untung aja gak sambil ngakak dia, kan jadi tambah malu... Wqeqeqeqe....

Remote Control dengan tenaga putar yang murah

Berapa banyak remote control yang ada di rumah anda?? Berapa banyak baterai yang anda beli dalam satu tahun untuk mengganti baterai di remote control?

Remote control yang satu ini akan menghemat uang untuk memberli baterai dan juga menjaga lingkungan karena remote control ini tidak perlu mengganti baterai selama beberapa tahun kedepan.

Sebagai pengganti baterai, remote control ini menggunakan tenaga putar (wind up). Cukup memutar tombol putar yang ada sebanyak 30 kali maka remote control sudah bisa digunakan sampai 1 minggu.

Tidak hanya hemat baterai, remote control yang bisa digunakan untuk audio, TV maupun DVD ini juga cukup murah yaitu seharga US$ 39 (setara dengan Rp. 380.000,-).


Sumber berita
No batteries for the wind up remote control


Remote control tanpa baterai untuk keselamatan bumi

Kita sudah sering melihat produk seperti lampu senter (flash light) sampai radio yang dijalankan dengan energi kinetik( kinetic energy) yaitu melalui sebuah pergerakan memutar untuk menghasilkan suatu energi.

Sekarang saatnya, energi kinetik ini digunakan untuk sebuah remote control TV atau perlengkapan hiburan lainnya.

Remote control yang dibuat oleh perusahaan SMK ini sama sekali tidak menggunakan baterai dan sebagai penggantinya, anda harus menekan pelatuk (trigger) yang ada selama beberapa menit untuk menghasilkan energi yang bisa menjalankan remote control tersebut.

Pada saat anda mulai menekan pelatuk tersebut, koil yang ada akan berputar secara cepat dan menghasilkan suatu energi listrik sekitar 20-30 mA yang cukup untuk menjalankan fungsi remote control.

Yap, sedikit melelahkan tapi namanya juga untuk menyelamatkan bumi. :D


Sumber berita
Battery-free remote control debuted by SMK Corp at TEXPO 2008
Share on Google Plus

About Elang Raja

Menulis, menyusun, menyimpan dan mengingat beberapa gal yang sudah dan ingin ditelusuri dalam keseharian yang biasa biasa saja ini.

0 comments:

Post a Comment