Friday, 17 April 2009


Password atau kata kunci adalah sudah menjadi bagian dari hidup dimana sering kita gunakan untuk membuka sesuatu mulai dari pintu sampai halaman web tertentu.

Selain sebagai pengaman, password juga akan menjadi suatu masalah bila diketahui oleh orang lain. Untuk itu, perhatikanlah mengenai password yang akan digunakan.

Berikut ini 10 password atau kata kunci yang paling banyak digunakan:

(1) Password

(6) monkey

(2) 123456

(7) myspace 1

(3) qwerty

(8) password 1

(4) abc123

(9) blink182

(5) letmein

(10) (your first name)

Jadi bagaimana untuk membuat password atau kata kunci yang baik dan aman, berikut ini tipsnya:

Gunakan kata kunci sesuai dengan benda atau kegiatan favorit anda, misal buah kesukaan atau hobi yang dipadukan dengan angka dan karakter spesial, misal Apel maka kata kuncinya menjadi ape1 atau bolabasket menjadi b01ab4sk3t.

Gunakan kalimat pertama dari sajak, lagu atau pepatah dengan menyingkatnya menjadi sebuah deretan huruf, angka dan karakter spesial, misal "Ada Apa dengan Cinta" maka passwordnya adalah 44DC.

Usahakan juga setiap kata kunci yang anda buat harus lebih dari 6 karakter dan penggabungan dari huruf (besar dan kecil), angka dan karakter spesial (&, *, %, ^).

Jangan gunakan kata kunci yang mengandung data pribadi anda misal nama depana/ belakang, umur, bintang, nama istri/ suami, nama ID (user name).

Semakin panjang kata kunci dan perpaduan dengan berbadai karakter (huruf, angka dan karakter spesial) akan semakin sulit "ditembus" tetapi jangan sampai anda lupa password atau kata kunci tersebut tentunya. :D


Sumber berita:

- Top 10 most common passwords

- Five ways to create a good password & Choosing a Good Password

0 komentar:

Post a Comment

Unordered List

Sample Text

Powered by Blogger.

Tentang Kami

My photo
Clark, seorang penggemar sesuatu yang super. Mencoba untuk berbagi segala sesuatu yang diketahuinya.

Pembaca

Popular Posts

Recent Posts

Text Widget