Friday, 27 June 2008

Beberapa hal berikut yang WAJIB di set pada saat memakai Router Belkin untuk jaringan SAP.

LAN Setting (Setting IP Address)

Berbeda dengan AP merek D-Link yang menggunakan IP default 192.168.0.50. Rupanya Router & AccessPoint merek Belkin menggunakan IP default 192.168.2.1.

Jadi jika ingin mengakses menu setting Router, PC stasion yang akan mengaksesnya harus menggunakan range / kelompok IP yang sama, yaitu 192.168.2.......

IP default ini bisa langsung dipakai, tinggal PC client nya saja yang mengikuti. Tapi jika tidak berkenan menggunakan IP default, maka user bisa merubahnya dari menu LAN Setting.

Settingnya melalui browser dengan alamat 192.168.2.1. Maka tampilan Settup Utility dari Belkin Router akan tampil dalam layar.

Jika tidak menggunakannya dengan MODEM untuk akses INTERNET, maka TIDAK PERLU menginstall CD driver dari Router tersebut. Menu settup utility bisa langsung diakses dari browser dengan IP default. Password admin pada setting awal adalah kosong.

INGAT, jika menggunakan router / access point lebih dari satu, maka masing – masing harus diberikan alamat IP yang berbeda, misalnya berurut:

Router belkin 1 = 192.168.2.1
Router belkin 2 = 192.168.2.2
Router belkin 3 = 192.168.2.3
Router belkin 4 = 192.168.2.4, Dan seterusnya

Jika pusing / lupa password dengan settup yang telah dilakukan, tekan TOMBOL RESET pada router/AP selama beberapa detik. Maka router / AP akan kembali pada setting default dari pabrik.

IP Pool Seeting : digunakan untuk menset urutan IP dalam jaringan yang sama, defaultnya adalah dimulai dari 2 s/d 100. Maka PC dalam jaringan yang sama harus menggunakan range IP dari 2 s/d 100. Setting ini tidak perlu dirubah sudah tidak masalah, kecuali jika PC dalam jaringan melebihi dari 100 buah, maka settingnya bisa diubah dari 2 s/d 255, misalnya.

Lease Time : Pilih Forever, menjaga koneksi dari PC ke Router / Access Point selamanya, tanpa putus-putus layaknya koneksi jaringan dengan menggunakan kabel.

CHANNEL & SSID

Channel dan SSID adalah menu untuk memberikan penamaan terhadap Router / AP. Ini penting dilakukan, terlebih jika menggunakan Router / AP lebih dari satu. Defaulnya menggunakan nama belkin54g. Kita bisa ubah, misalnya dengan nama SAP_DPRD_1, jika masih ada Router lain yang digunakan, bisa menggunakan nama SAP_DPRD_2, SAP_DPRD_3, dan seterusnya.

Channel : jumlah PC yang bisa konek melalui Router / AP bersangkutan.

Wireless Mode : Pilih 54G Auto, maka router / AP akan secara otomatis mendeteksi koneksi dari PC yang menggunakan card wireless type 802.11G.

SECURITY

PENTING agar setiap Router / AP yang terpasang diberikan password, bukan hanya password untuk masuk ke menu setup utilitynya saja, tapi juga password untuk masuk ke jaringan Router / AP nya.

Pilih WPA-PSK (No Server) , lalu berikan password di bawahnya. Minimal 8 karakter, disarankan untuk menggunakan kombinasi angka dan huruf, misal: ketupatsayur.

Jika ada USB / Card adapter yang belum support dengan WPA-PSK, maka bisa menggunakan pilihan lainnya, yaitu 128bitWEP atau 64bitWEP. Lihat manualnya untuk lebih detail. Proteksi TERBAIK (BEST) dalah menggunakan WPA-PSK. Lihat dibuku manualnya untuk lebih detail.

Setelah koneksi ke Router / AP diberikan password, maka setiap PC yang ada koneksi USB adapter tidak akan bisa langsung masuk ke jaringan Router.

Dengan menggunakan USB Belkin. Lakukan hal berikut:

  • Masuklah ke program USB adapter Belkin yang terdapat pada layar monitor, atau pada menu bar yang ada dikanan bawah windows.
  • Berikutnya akan tampil program Belkin Wireless Monitor. Pada kolom Current Profile akan kosong, karena memang belum ada AP ataupun Router yang terbaca dalam USB Adapter.
  • Terdapat juga lambang dengan tanda SILANG antara gambar Laptop dengan Router.
  • Masukklah ke menu tab Profile Setting
  • Lalu tekan tombol Add
  • Masukkan nama profile, nama profuile bisa saja berbeda dengan nama Router / AP yang sebenarnya, tapi sebaiknya samakan saja dengan nama Router / AP yang akan diakses biar tidak pusing, terlebih jika menggunakan Router / AP lebih dari satu. Pada contoh saya masih menggunakan penamaan defauklt dari Router Belkin, yaitu belkin54g.
  • Tekan Next, isikan kolom Network Name dengan nama Router / AP yang akan diakses. Pilihan Network Type = Access Point dan Transfer Rate = Automatic.
  • Tekan Next. Pada pilihan Authentication Mode, pilihlah WPA-PSK, sesuai dengan jenis password yang kita berikan pada setting Router diatas.
  • Pilih TKIP, lalu tekan Next.
  • Terakhir berikan password sesuai dengan password yang telah di setting pada Router / AP, yaitu dalam contoh kita menggunakan password ketupatsayur. password adalah casesensitive, jadi huruf besar tidak sama dengan huruf kecil.
  • Teken Complete, maka profile yang kita buat akan masuk kedalam daftar profile. Langkah terakhir adalah tekan Connect dan tunggu beberapa saat, maka PC akan terhubung dengan Router / AP.
  • Dalam gambar, sudah terlihat kalau PC sudah terhubung dengan Router / AP. Lakukan hal yang sama pada PC berikutnya. Jangan lupa untuk memberikan IP address yang berbeda pada setiap komputer yang lain.
  • PASTIKAN PC sudah terhubung dengan Roputer / AP. Gunakan program kecil IP Anggry untuk melihat daftar IP yang ada. Jika IP address PC yang kita set dan IP Address Router / AP sudah tertera dalam program IP Anggry, maka setup jaringan sudah berhasil dengan baik. Lakukan hal yang sama pada setiap komputer yang lain.
  • Lebih bagus lagi jiga mencobanya dengan 2 PC, jika dua PC tersebut sudah bisa konek satu sama lain melalui Router / AP, maka setup jaringan Wireless sudah berhasil dengan baik.
  • Tekan tombol MORE untuk menampilkan info detail dari koneksi belkin.


    192.168.1.1= adalah IP address dari Router / AP
    192.168.1.9= adalah IP address komputer.

SEETING PADA ADAPTER MEREK D-LINK

Jangan gunakan setting dari Windows (lihat lingkaran merah diatas)

  • Masuk ke menu setting Wireless Adapter dari program yang bersangkutan, dari group menu D-Link.
  • Kilik menu SiteSurvey, tekan tombol Refresh jika belum ada daftar Router / AP yang ada.
  • Jika sudah ada daftar nama Router / AP yang ada, maka klika Connect untuk menampilkan menu password dan lain sebagainya.

  • Setelah tombol Connect ditekan, maka akan tampil dialog menu seperti dibawah. Pada pilihan Security Mode, pilih WPA-PSK, lalu masukkan password dua kali pada kolom password yang ada dibawahnya. Klik tombol unmask jika ingin ketikan yang kita isikan terlihat, atau sebaliknya.
  • Jika password WPA-PSK sudah benar, maka klik tombol Apply.

  • Setelah menekan tombol Apply, maka PC akan bisa mulai terhubung dengan router / AP.

SYSTEM SETTING

Pada system setting, akan ada kolom untuk memberikan PASSWORD yang digunakan untuk masuk ke SETUP UTILITY. Berikanlah password, agar tidak sembarang orang bisa merubah setting pada Router / AP yang sudah terpasang.

Menu RESTART ROUTER, berfungsi untuk merestart Router / AP jika router mengalami gangguan kinerjanya. Jadi tidak usah mencabut powernya. Terlebih jika Router terpasang ditempat yang susah dijangkau, atau diatas langit-langit.

USE AS ACCESS POINT

Router Belkin rupanya bisa berfungsi ganda, sebagai Router sekaligus juga bisa menjadi AP. Tanpa koneksi dengan MODEM, maka router hanya berfungsi layaknya AP, jadi sudah tidak perlu lagi menjadikannya sebagai AP. Setting sebagai AP diperlukan jika ingin menambahkan koneksi antar AP layaknya kita kalai menambahkan HUB lebih dari satu pada satu jaringan yang sama.

NOTE:

  • Setting dari Sanggau udah benar, kurangnya cuma belum dikasih PASSORD saja, yaitu password untuk masuk Setup Utility dan Password WPA-PSK nya.
  • Menu-menu yang lain berfungsi jika Belkin berfungsi sebagai Router yang ada koneksi dengan Internet memalui Modem. Jadi yang saya jelaskan disini adalah menu-menu yang penting untuk settup Router Belkin untuk LAN saja, atau sebagai AP.
  • INGAT, gak perlu melakukan instalasi driver Router. Cukup set semua PC dengan range IP yang sama, akan bisa langsung masuk Setup Utility dengan memasukkan address 192.168.2.1 (atau gunakan IP Router sesuai dengan setting yang pernah dilakukan)
  • Kalau ada yang terlewat, silahkan baca manual dari Routernya.

4 comments:

  1. bos numpang baca
    http://ali-jember.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. thanks..
    sangat membantu..
    ada lagi ngga bro untuk membuat hostpot seperti apa??
    apa bahan n bagaimana cara set nya...
    ditungguuuu.....

    ReplyDelete
  3. Gan, gw ada masalah sama belkin,..
    pc1 gw pake kabel ke router, yang satu lagi laptop pake wireless.. kalo dua2 komputer nyala ping nya gede banget bisa sampe 3000.. tapi kalo cuma 1 komputer yang nyala, ping normal banget 15-30an.. ada masalah dimana ya gan?

    ReplyDelete
  4. Saya juga punya masalah nih.. koneksi wireless pc saya gak bisa jalan, icon koneksi wireless aja gak ada di menu internet connection and sharing (control panel)
    Penyebabnya saya gak tahu persis, tapi mungkin karena ada teman yang merestore system pc saya.. Jagi gimana ya gan solusinya?

    ReplyDelete

Unordered List

Sample Text

Powered by Blogger.

Tentang Kami

My photo
Clark, seorang penggemar sesuatu yang super. Mencoba untuk berbagi segala sesuatu yang diketahuinya.

Pembaca

Popular Posts

Recent Posts

Text Widget