Tuesday, 8 July 2008

Anda ingin bermain dan bereksplorasi dengan jaringan saat anda terhubung dengan internet memakai modem adsl.. Berikut langkah langkah yang pernah saya lakukan saat menggunakan akses internet dengan jaringan modem ADSL.

1. Siapkan peralatan perang
Hardware : komputer, line internet
Software : IP scanner, internet browser seperti opera, IE, lebih disukai mozzilla firefox

2. Buka http://www.ip-adress.com/untuk mengetahui IP Address komputer anda.

3. Jalankan IPScanner, tentukan range IP Address yang akan kita cari (contoh 125.163.75.0 - 125.163.75.255), tekan start. Pada Option cari IP Address yang aktif saja untuk mempersingkat waktu. Lebih singkat lagi kalo kita udah tahu IP Address target operasi, tinggal dicek apakah sedang aktif atau tidak!.

Inilah hasilnya :



4. Pilih beberapa IP Address sebagai target operasi (Tip : Cari dan pilihlah hasil scan IP target yg terbuka port 80 atau 8080-nya)

5. Buka internet browser

6. Masukkan IP Address tersebut (contoh 125.163.75.xx)

Untuk dapat masuk ke Setup ADSL dengan IP Address tersebut, kita harus mengetahui "Username" dan "Password". Kebanyakan masih standar/default, hanya beberapa yang sudah diubah oleh administrator.

Berikut "Username" dan "Password" standar/default

admin ; [kosong]
admin ; admin
admin ; password
admin ; 1234
[kosong] ; admin
[kosong] ; password

Apabila kita mengetahun merk dari ADSL modem, kunjungi http://www.cirt.net/cgi-bin/passwd.pl, masukkan merk dari ADSL, "username" dan "password" default akan muncul.

Untuk melihat password yang ditampilkan dengan **********

Klik kanan pada halaman tsb, lalu klik this frame - view frame source

hasilnya adalah :



Contoh diatas adalah salah satu contoh bahwa dengan mengetahui IP Address, seseorang dapat dengan mudah masuk dan mengetahui "username" dan "password" ADSL tanpa diketahui pemilik IP Address tersebut. Bayangkan yang terjadi apabila sang penyusup tersebut mengganti "username" dan "password" tersebut, atau bagaimana seandainya "username" dan "password" tersebut disalahgunakan oleh sang penyusup..!!??, silakan anda menjabarkan sendiri jawabannya.

Artikel ini bukan bertujuan untuk mengajari seseorang untuk menjadi seorang penyusup (bagian-bagian tertentu yang dinilai sangat vital dari gambar sengaja dihilangkan untuk menghindari penyalahgunaan), tetapi hanya sebagai gambaran bahwa "username" dan "password" merupakan hal yang sangat penting sehingga hanya yang berkepentingan saja yang mengetahuinya. Perlu diingat, untuk mengetahuinya ternyata tidak terlalu sulit.


Kesimpulan :

1. "Username" dan "Password" kebanyakan masih standar/default sehingga sangat mudah untuk ditembus. Hanya sedikit admin (yang "berkelas" dan mempunyai "jam terbang" cukup tinggi tentunya) yang sudah menggantinya sehingga cukup sulit untuk ditembus, walaupun tidak menjamin seratus persen.
2. Saran untuk para admin, gantilah "Username" dan "Password" standar/default sehingga jaringan anda tidak dengan mudah dimasuki oleh penyusup karena cara ini cukup efektif !.
3. Ingatlah, para penyusup mempunyai 1001 cara untuk dapat masuk kedalam sistem jaringan anda, waspadalah ........ waspadalah ..........!!!!

6 comments:

  1. ndak bisa tuch ;))

    ReplyDelete
  2. ndak bisanya yang bagian mana nich..? soalnya aku bisa sech.. tentunya untuk modem yang masih default. kalau yang udah diset oleh adminnya, ya mesti pake langkah lain..

    ReplyDelete
  3. klo username & pass-nya dah diganti dan qta lupa gimana cara resetnya?
    thx

    ReplyDelete
  4. klo passwordnya dah di ganti leh administrator, bgaimna cara menerobos adslnya bro???

    ReplyDelete
  5. gan gmana caranya agar speedy biar lbih cepat ,please ya gan soalny speedy ngejengkelin banget pleeeseeee

    ReplyDelete
  6. Emang Beruntung adalah jalan satu satunya

    kunjungi juga ya di
    http://tik-lebihdekat.blogspot.com/
    http://tik-lebihdekat.blogspot.com/
    http://tik-lebihdekat.blogspot.com/

    saran saya cari ajja warnet yang baru buka / baru berdiri :)

    ReplyDelete

Unordered List

Sample Text

Powered by Blogger.

Tentang Kami

My photo
Clark, seorang penggemar sesuatu yang super. Mencoba untuk berbagi segala sesuatu yang diketahuinya.

Pembaca

Popular Posts

Recent Posts

Text Widget