Wednesday, 9 July 2008

Alamat IP (Internet Protocol Address atau sering disingkat IP) adalah deretan angka biner antar 32-bit sampai 128-bit yang dipakai sebagai alamat identifikasi untuk tiap komputer host dalam jaringan Internet. Panjang dari angka ini adalah 32-bit (untuk IPv4 atau IP versi 4), dan 128-bit (untuk IPv6 atau IP versi 6) yang menunjukkan alamat dari komputer tersebut pada jaringan Internet berbasis TCP/IP.

Dalam tulisan ini akan diterangkan cara-cara untuk mengetahui IP Address kita sendiri maupun orang lain

IP Address Milik Sendiri

IP address milik sendiri klik kanan icon LAN pada pojok kiri bawah start menu (WinXP), pilih Status - Support


IP Address melalui e-mail

Pada bagian awal suatu e-mail, biasanya kita menjumpai "header" dari e-mail yang memberikan informasi dari mana berasal, siapa yang mengirim dan kapan e-mail tersebut diterima.

Bagi yang menggunakan Yahoo Mail, secara umum header e-mail-nya adalah sebagai berikut :

Pada bagian akhir email anda dibagian kanan bawah, ada option "full header", klik option ini, tampilan header akan berubah menjadi seperti ini :


216.252.111.81 merupakan alamat IP anda, sedangkan 80.237.211.64 adalah alamat IP pengirim.

IP Address melalui Chatting (YM, MiRC, ICQ dll)

Sering chatting menggunakan Yahoo Messenger, MiRC, ICQ atau lainnya ?, berhati-hatilah karena anda bisa mengetahui alamat IP dari lawan chatting kita dengan menggunakan tool build-in Windows yaitu command netstat dari command prompt.

Sebelum kita mulai, anda perlu mengerti bagaimana persisnya perintah Netstat digunakan. Perintah ini secara defaultnya digunakan untuk mendapatkan informasi koneksi apa saja yang sedang terjadi pada sistem anda (port, protocol, yang sedang digunakan, dll ), data yang datang dan pergi dan juga nomor port pada remote sistem dimana koneksi terjadi. ‘Netstat’ mengambil semua informasi networking ini dengan membaca tabel routing dari kernel yang berada pada memori.

Berdasarkan RFC pada Internet Tool Catalog, ‘Netstat’ didefinisikan sebagai:

‘Netstat adalah suatu program yang mana mengakses jaringan yang berkaitan dengan struktur data didalam kernel, serta menampilkannya dalam bentuk format ASCII di terminal. Netstat dapat mempersiapkan laporan dari tabel routing, koneksi "listen" dari TCP, TCP dan UDP, dan protocol manajemen memori.’

Untuk mengetahui IP address teman/lawan kita, lakukan cara berikut :

Buka Program Chatting favorit anda, cari teman atau lawan anda, kirimkan satu file berukuran kecil/sedang biar downloadnya gak terlalu lama, pada saat download tersebut, buka buka command promp

Start - Run - cmd

Ketik netstat -n

Tekan enter

Perhatikan gambar dibawah ini :

Perhatikan pesan TIME_WAIT dan SYN_SENT serta port 5101 (YM menggunakan port ini untuk mengirim data). Lihat IP Addressnya.


0 komentar:

Post a Comment

Unordered List

Sample Text

Powered by Blogger.

Tentang Kami

My photo
Clark, seorang penggemar sesuatu yang super. Mencoba untuk berbagi segala sesuatu yang diketahuinya.

Pembaca

Popular Posts

Recent Posts

Text Widget