Avindo ( Anti Virus Indonesia )

Salah satu antivirus karya lokal Indonesia yang dalam penggunaannya membutuhkan proses installasi. Pembuat AntiVirus inipun cukup populer, Mas Faradish, dengan antivirus kangen yang dulu sempat merebak di awal marak virus buatan lokal.
Instalasi
Secara umum cukup mudah, klik dua kali pada file installer kemudian ikuti langkah-langkahnya. Sebelum melanjutkan proses installasi anda disuguhi perjanjian bahwa anda tidak akan mengajukan komplain jika ternyata antivirus ini bermasalah dan di bawahnya himbauan bagi pengguna antivirus ini barangkali ada yang akan menyumbang dana secara sukarela ataupun mengisikan pulsa buat sang pembuat.
Bagian terakhir proses installasi anda akan diberikan pilihan menonaktifkan menu autorun juga untuk mereboot komputer anda.
Menu
Anda dapat mengakses beberapa sajian menu dari antivirus ini antara lain Tools, Antivirus, Cari Virus, Task Manager Alternatif, Update Database, Situs Promo, Situs Rujukan, dan Uninstall.
Di bagian Tools masih dibagi lagi menjadi New Dos Prompt, New Registry Editor, Startup Editor, dan Sys Fixer. Berikut penjelasan satu-per-satu
Tools: terdiri dari 4 fungsi tambahan
Antivirus: berfungsi untuk mengaktifkan antivirus ini secara real time
Cari Virus: berfungsi untuk proses pencarian virus (scan). Anda bisa mencari virus berdasarkan database antivirus ini atau dengan menambahnya secara manual.
Task Manager Alternatif: berfungsi layaknya task manager yaitu memonitor proses yang sedang berjalan didalam komputer.
Situs Promo dan Situs Rujukan: berisi situs sponsor dan situ sang pembuat
Uninstall: melepas aplikasi ini dari komputer anda
DOS prompt
Startup Editor
Task Manager
Scan
Tools
Ada 4 jenis yaitu
New Dos Prompt: layaknya dos prompt punya windows
New Registry Editor: hmm.. yang ini sepertinya hanya short cut ke menu regedit punya windows
Startup Editor: menyetel program-program yang berjalan secara otomatis ketika komputer dinyalakan, beberapa virus biasanya menempel disini.
Sys Fixer: pada tanpilannya tertulis 4 in 1 yaitu merubah username komputer, menghapus semua policies di windows, normalkan registry, normalkan ekstensi, hapus logo (biasanya di properties my computer) kemudian di bawahnya ada fasilitas munculkan file dan folder tersembunyi dan memulihkan file eksekusi.
Secara umum bisa dikatakan antivirus ini plus plus. Plus tools yang biasanya berguna jika komputer anda terlanjur terkena virus. Oh ya satu lagi antivirus ini terintegrasi kedalam explorer sehingga anda bisa men-scan folder hanya dengan mengklik kanan dan pilih cari virus.
Kekurangan: algoritma pencarian virus yang biasa, tampilannya terlalu sederhana dan setiap menu menggunakan angka-angka, proses uninstall yang tidak tuntas sehingga beberapa registry antivirus ini masih tertinggal.
Data lain:
Pembuat: Ahlul Faradish Resha
Modul yang digunakan: 38 buah
Share on Google Plus

About Elang Raja

Menulis, menyusun, menyimpan dan mengingat beberapa gal yang sudah dan ingin ditelusuri dalam keseharian yang biasa biasa saja ini.

0 comments:

Post a Comment