Koneksi Internet dengan Broom Unlimited dari Indosat M2

Broom sebagai salah satu produk jasa koneksi internet dari Indosat M2 beberapa waktu yang lalu mengeluarkan produk baru yaitu Broom Unlimited, menyusul produk terdahulunya Broom Classic. Perbedaan yang cukup menonjol di antara kedua produk ini adalah kecepatan maksimum yang bisa diicapai, yaitu untuk Broom Classic kecepatan bisa mencapai 3,6 Mbps, sedangkan untuk Broom Unlimited mencapai 256 Kbps. Tapi kecepatan itu sendiri sebenarnya sangat tergantung dengan lokasi kita sebagai user saat menggunakannya, apakah sinyalnya sudah sampe 3,6Mbps atau tidak, jika tidak ada sinyal 3G ya otomatis kecepatannya juga akan turun.

Perbedaan lain yang mendasar yaitu sistim tarif yang dipergunakan, untuk Broom Classic menggunakan model Volume Based dimana untuk voucher senilai 100 ribu kita akan mendapatkan quota sebesar 200 Mb, sedangkan untuk Broom Unlimited, kita tidak dibatasi dengan quota alias kita bebas menggunakan selama sebulan penuh, hanya saja kecepatan yang kita peroleh akan berbeda, kecepatan awal adalah mencapai 256 Mbps, dan jika kita telah melakukan transfer data mencapai 2 Gb, maka kecepatan akan diturunkan menjadi maksimal 64 Kbps sampai dengan batas waktu akhir masa aktif kartu. Jika masa aktif kartu berakhir dan kita mengisi ulang kartu dengan voucher senilai 100 ribu, maka kecepatan akan naik kembali mencapai 256 Mbps sampai batas quota 2 Gb, untuk kemudian kecepatan turun lagi, demikian berlaku seterusnya.

Nah, di sini saya ingin lebih memfokuskan pada produk Broom Unlimited sebagai bahan membuat tutorial sederhana membuat koneksi internet dengan Broom Unlimited, untuk melengkapi tutorial yang telah saya buat sebelumnya dengan Telkomsel Flash (GSM), IM3 (GSM), Three (GSM), AXIS (GSM), Starone (CDMA), Fren (CDMA), Flexi (CDMA), dan Smart (CDMA).

Sebagai bahan tutorial ini saya menggunakan ponsel kesayangan saya Nokia E61 (3G), kabel data CA-53 (original Nokia), laptop Axioo, dan tentu saja perdana Broom dari Indonesia M2. Sedangkan software yang saya gunakan adalah Nokia PC Suite versi 7.0.8.2 karena lebih mudah dan cepat saat melakukan seting internetnya. O iya, jika menggunakan modem HSDPA silakan merujuk manual dari modem yang dipergunakan, karena perdana dibeli secara terpisah tidak dengan model paket.

Langkah pertama adalah melakukan aktivasi perdana Broom terlebih dahulu, dalam aktivasi ini kita akan menentukan jenis Broom yang akan kita pakai, apakah Classic atau Unilimted (catatan: jika kita tidak bisa berpindah dari Classic ke Unlimited dan sebaliknya dengan nomor perdana yang sama). Untuk aktivasi perdana Broom kita bisa melakukan melalui website Indosat M2 di http://indosatm2.com atau bisa langsung menuju ke halaman aktivasi di sini, kemudian pilih Register Account, dan isi semua kolom-kolom yang ada (di sinilah kita akan menentukan jenis Broom yang kita gunakan apakah Classic atau Unlimited), termasuk Username dan Password. Username dan Password ini nanti akan kita gunakan saat melakukan koneksi internet di laptop atau PC.

Setelah kartu perdana kita teraktivasi, sekarang saatnya melakukan langkah kedua yaitu melakukan seting pada laptop/PC.

Sambungkan ponsel ke laptop/PC, dan pastikan PC bisa mendeteksi ponsel.



Berikutnya klik kanan ikon PC Suite tersebut dan pilih Connect to the internet, untuk masuk ke panel One Touch Access.



Setelah masuk ke panel One Touch Access, pilih tombol Configure (gambar kunci pas), klik Next (gambar panah kanan).



Selanjutnya pilih modem ponsel yang digunakan (di sini saya gunakan Nokia E61), klik Next.



Pilih Configure the connection manually, klik Next.

Pada panel ini silakan masukan data-data yang diperlukan, Acces point: indosatm2, Username: (diisi sesuai dengan username pada saat melakukan aktivasi perdana Broom), Password: (diisi sesuai dengan username pada saat melakukan aktivasi perdana Broom), Additional initialisation commands: (dikosongkan), akhiri dengan menekan tombol ok (centhang hijau).



Terakhir adalah melakukan koneksi dengan menekan tombol panah dua arah.

Jika koneksi berhasil maka akan muncul tanda koneksi di pojok kanan bawah.



Selesai.

Selamat mencoba.
Share on Google Plus

About Elang Raja

Menulis, menyusun, menyimpan dan mengingat beberapa gal yang sudah dan ingin ditelusuri dalam keseharian yang biasa biasa saja ini.

0 comments:

Post a Comment