Skyfire Mobile Browser

Untuk urusan browsing internet melalui media ponsel dan PDA kita mengenal Opera Mini sebagai browser alternatif selain browser bawaan dari ponsel atau PDA kita, Opera Mini memiliki kelebihan yaitu bisa melakukan kompress data sehingga biaya yang kita keluarkan tidak terlalu besar, kelebihan lain dari Opera Mini ini adalah gratis, karena kita tidak perlu mengeluarkan uang untuk memiliki aplikasi ini.

Tapi di sini saya tidak ingin membahas Opera Mini. Di sini saya ingin menginformasikan browser lain sebagai browser alternatif dalam menjelajah internet. Browser yang saya maksud adalah Skyfire bikinan Skyfire Labs (http://www.skyfire.com/). Kesamaan Skyfire dengan Opera Mini salah satunya adalah gratis, jika kita mencoba aplikasi ini kita bisa mendownloadnya langsung melalui ponsel atau PDA kita, atau mendownloadnya melalui browser PC dan menginstallnya di ponsel atau PDA.



Browser Skyfire ini sendiri saat ini masih Beta, ponsel yang didukung oleh Skyfire ini adalah ponsel yang memiliki sistem operasi Symbian Edisi ke3 (Symbian 3rd Edition) dengan resolusi layar 240×320 atau sebaliknya, seperti Nokia seri E Series dan N Series. Sedangkan PDA yang didukung adalah PDA dengan sistim operasi Windows Mobile 5, 6, atau 6.1, dengan resolusi layar 240×240, 320×320, 320×240, 400×240, 640×480, 800×480. Skyfire ini sama dengan mobile browser lainnya, yaitu bisa berjalan melalui koneksi Wi-Fi.



Kelebihan yang saya lihat pada browser ini adalah, menu antarmuka yang cukup lengkap. Pada halaman Start selain fungsi search engine yang didukung oleh Google telah tersedia shortcut-shorcut ke halaman web/portal tertentu, untuk Bookmarks hampir sama seperti pada halaman Start, hanya di sini lebih detil lagi, berdasarkan kategori-kategori tertentu. Untuk bagian History, sama seperti history yang ada dalam browser pada umumnya.



Hal menarik lain dari browser ini adalah kemampuan menampilkan animasi flash dan audio yang ada dalam browser (dalam browser standar Nokia E61, animasi flash tersebut tidak bisa ikut di-load).



Jika kita ingin menyimpan alamat web, mematikan audio, menyimpan gambar, dan mengubah cara membuka halaman web, kita bisa melakukan setting tersebut melalui menu Action.



Bahkan, jika kita ingin menginformasikan suatu halaman web yang sedang kita buka ke temen kita, kita bisa memanfaatkan fungsi Share, dan otomatis kita akan dibawa langsung ke menu SMS yang sudah berisi pesan berupa alamat web tersebut.

Dari beberapa kelebihan yang ada tersebut, ada beberapa kelemahan yang saya lihat, yaitu lambatnya proses membuka halaman web pada saat melakukan zooming, juga termasuk lambatnya proses eksekusi menu, ini dimungkinkan karena beberapa hal, pertama karena tampilan yang ditonjolkan oleh browser ini sehingga proses render menjadi lama, ditambah masalah kedua, yaitu memory yang dimiliki ponsel Nokia E61 (yang saya pakai) terlalu kecil, yang otomatis membuat proses semakin lambat.



Hal lain yang harus diperhatikan jika kita memanfaatkan browser ini adalah pada koneksi yang kita pakai, disarankan untuk menggunakan koneksi Wi-Fi atau koneksi dengan paket yang flat (misalnya Flash Unlimited atau Broom), karena dengan cukup tingginya kualitas grafis yang dipergunakan, belum ditambah dengan animasi flash yang mungkin dimiliki oleh web yang sedang kita buka, tentu akan berpengaruh pada biaya yang harus kita keluarkan.

Nah, tertarik untuk mencoba? Silakan download lewat ponsel atau PDA atau bisa juga melalui PC kemudian diinstall di ponsel atau PDA, di alamat get.skyfire.com.
Share on Google Plus

About Elang Raja

Menulis, menyusun, menyimpan dan mengingat beberapa gal yang sudah dan ingin ditelusuri dalam keseharian yang biasa biasa saja ini.

0 komentar:

Posting Komentar