Cerita Jual Beli Saya


Saya sering jualan online, bukan sebagai toko, hanya sebagai user biasa yang punya barang yang cukup bernilai untuk dijual dan dipakai orang lain.

Dulu, 10 tahun an lebih yang lalu, jualan online saya pertama yang laku dan dibeli orang adalah crack windows 7 genuine. Saya posting di tokobagus dan kaskus dulu. Dan transaksi masih via email, saya kirim cracknya, terbukti instal, dan pembeli transfer ke rekening. Nominal nya 25 rb waktu itu. Merasa terkesima aja waktu itu, eh bisa to ternyata jualan tanpa ada barang nya, online lagi. Sama sama gak kenal dan gak perlu ketemuan. Karena waktu itu saya suka blogging, saya bikin blog dengan isi jualan barang barang unik, hanya uji coba template dan liat traffic visitor aja. Sayang nya waktu itu saya pakai email cadangan sekenanya aja buat bikin blog itu. Dan kurun waktu 2 tahunan saya gk update blog dan buka emailnya. Kemudian ingat untuk membuka email tersebut, dan nyesel, ternyata banyak pesanan via blog tersebut. Sayang sudah kadaluarsa.


Untuk beberapa waktu kemudian saya masih sering jualan online via layanan jual beli online yang marak waktu itu. Tokobagus, tokopedia, berniaga, kaskus jual beli. Hanya item item tak terpakai untuk diganti uang saja.





Untuk beberapa lama, saya selalu monitor item di tokobagus, tokopedia, berniaga, dan kaskus jual beli. Karena barang bekas yang saya cari untuk dijual lagi, saya cari dari tempat tersebut. Android bootloop, hape minus, elektronik rusak, laptop minus, yang saya rasa saya bisa perbaiki sendiri untuk dijual lagi dengan harga lebih tinggi dari saat saya dapat.
Untuk saat ini saya masih melakukan hal tersebut, akan tetapi tidak lagi ke website website tersebut. Banyaknya layanan jual beli online, membuat user biasa seperti saya sudah gk dapat tempat lagi untuk layanan tersebut. Bukalapak, tokobagus sekarang olx, tokopedia, lazada, zalora, dan banyak lagi sekarang. Semuanya sekarang berisi para penjual besar yang memiliki toko fisik di daerah masing masing. Sehingga semakin bisa terpercaya, dan pembeli semakin yakin untuk membeli produk nya.


Itu cerita saya tentang jual beli online. Banyak duka nya termasuk maraknya penipuan jual beli online. Saya tulis aja di postingan berikutnya.
Share on Google Plus

About Elang Raja

Menulis, menyusun, menyimpan dan mengingat beberapa gal yang sudah dan ingin ditelusuri dalam keseharian yang biasa biasa saja ini.

0 comments:

Post a Comment