Sel, Penjara, Rumah Tahanan





Apa itu sel. Dari wikipedia saya dapat definisi sel itu apa. Bahwa sel adalah materi hidup dan berkembang. Sel mampu melakukan semua aktivitas kehidupan dan sebagian besar reaksi kimia untuk mempertahankan kehidupan berlangsung di dalam sel. Dan sel ini memiliki dinding dinding yang membatasi aktifitasnya untuk membesar. Mungkin ini yang menjadi rujukan kenapa ruang huni di penjara dinamakan ruang sel.







Dan kemudian apa itu penjara. Dan dari referensi pencarian, didapat definisi penjara adalah bangunan tempat mengurung orang hukuman.
Nah kalau dari arti harafiah nya. Sel adalah bentuk ruangan nya, penjara adalah bentuk bangunan nya. Diperuntuk kan untuk apa penjara? Penjara adalah sebuah hukuman, dengan tujuan untuk membatasi kebebasan seseorang yang bersalah, untuk mengurung orang yang bersalah, karena orang itu telah melakukan kesalahan, dan atau kejahatan.


Dan bagaimana dengan berita yang sedang marak sekarang ini. Sebuah sel mewah dari seorang koruptor? Salah kah itu? Dan bagaimanakah yang benar? Apakah sel harus tetap seperti dulu, berujud terali besi, beralas lantai dingin, dan sang pesakitan hanya bercelana pendek dan mengenakan baju penjara yang tipis. Dengan kondisi seperti itu, saya yakin para pesakitan dari kejahatan kerah putih, akan mati cepat. Karena usia dan penyakit yang dimiliki pasti tidak sanggup menerima keadaan itu.


Penjara sekarang tak lagi hanya memgurung orang, dan bahasa halus penjara sekarang adalah rutan / rumah tahanan dan atau Lembaga Pemasyarakatan ( Lapas ). Para penghuni rutan akan mendapatkan waktu untuk berolahraga, beraktifitas, dan fasilitas pelatihan untuk mereka manfaatkan nanti jika keluar penjara dan sudah selesai masa tahanannya. 

Lha bagaimana dengan para penjahat kerah putih? Pelatihan apa yg cocok untuk mereka? Program terapi? Konseling? Rehabilitasi agar menyadari korupsi itu jahat dan tidak mengulanginya lagi? Kira kira bermanfaat gak hal hal seperti itu untuk orang orang yang berpendidikan tinggi, orang orang dengan gelar doktorandus, professor, sarjana?






Masak mereka juga harus dapat pelatihan, menyablon, menjahit, menyulam dan lain lain seperti kebanyakan pelatihan di penjara saat ini.

Jika rumah tahanan atau penjara tak lagi sebuah hukuman bagi mereka, harus dihukum dengan cara apa, agar mereka mendapat ganjaran dari hal hal merugikan yang mereka lakukan?
Share on Google Plus

About Anonymous

Menulis, menyusun, menyimpan dan mengingat beberapa gal yang sudah dan ingin ditelusuri dalam keseharian yang biasa biasa saja ini.

0 comments:

Post a Comment