Setting Modem Gpon Indihome Huawei HG8245H Jadi Akses Point Biasa

Barangkali di antara kalian ada yang ingin memanfaatkan modem gpon FO milik Indihome jadul yang sudah tidak terpakai oleh Telkom Speedy menjadi akses poin wireless biasa di rumah anda, saya akan berbagi pengalaman dalam menyetingnya. 
Saya dapat alat ini dari teman yang ingin menggunakan nya untuk menambah coverage wireless di rumahnya.

Berikut tampilan nya.






Untuk setting awal silakan anda reset dengan tombol saja. Posisi modem hidup pencet tombol dengan lidi atau pen yang bisa masuk ke lubang kecil tombol reset itu, seperti di bawah ini



Setelah anda reset, anda bisa menghubungkannya ke laptop atau komputer atau bahkan ke jaringan anda, jika range class IP jaringan anda tidak berada satu kelas dengan IP default modem ini.

IP default Modem Gpon FO Huawei HG8245H : 192.168.100.1

Untuk password silakan gunakan username dan password dibawah ini :

Username: Support, Password: theworldinyourhand
Username: Admin, Password: admin
Username: Root, Password: admin


Jika anda bisa masuk ke menu tampilan http nya tapi tidak bisa melihat menu settingan LAN Config seperti di bawah ini, berarti login anda belum sebagai root atau admin, silakan coba username dan password lain .




Untuk setting awal silakan lakukan seperti gambar di atas, centang semua port LAN agar bisa aktif semua.

Setting selanjutnya adalah settingan Wireless nya. SSID, Security, Power Tx rx dan lain lain.
Silakan lihat gambar di bawah ini, dan sesuaikan dengan kebutuhan anda




Dan yang terakhir adalah setting NAT nya, ini yang paling penting untuk melewatkan akses konfigurasi IP dari router asli yang ada di jaringan kita, entah dari Mikrotik, modem ISP, atau perangkat router lain.




Silakan sesuaikan setingan WAN seperti gambar di atas. Dan sampai tahap ini, modem Gpon Huawei ini sudah bisa digunakan sebagai penyebar internet via wifi, setelah kabel dari jaringan anda yang terhubung ke internet sudah dihubungkan ke ethernet port. 4 port internetnya sudah bisa anda pakai untuk akses internet, plus wifi yang anda settung tadi.

Semoga bermanfaat.

Share on Google Plus

About Elang Raja

Menulis, menyusun, menyimpan dan mengingat beberapa gal yang sudah dan ingin ditelusuri dalam keseharian yang biasa biasa saja ini.

0 comments:

Post a Comment